Editor's Vids

Amankan Pilkada, Polres Sumenep Terjunkan 946 Personel

Sumenep, Thejournalmadura.Com - Mendekati pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015 Kepolisian Resort (Polres) Sumenep telah menerjunkan sebanyak 496 personel ke daerah kepulauan. Ratusan personel tersebut akan ditugaskan untuk mengamankan alur pilkada yang bakal berlangsung pada tanggal 9 Desember 2015.
Hal itu dikataTMh Kapolres Sumenep AKBP Rendra Radita Dewayana melalui Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Hasanuddin, Ahad (6/12). Menurutnya, ratusan personel tersebut merupakan gabungan antara Brimob Polda Jawa Timur (Jatim) dan anggota Polres Sumenep.
Adapun jumlah personel dari Polres Sumenep yang telah dikirm ke daerag kepulauan sebanyak 296 personel, sementara 200 personel yang lain merupakan anggota Brimob Polda Jatim.
"Hari ini (kemarin) ratusan personel sudah dikirim secara serentak," katanya.
Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten yang bakal melaksanakan Pilkada secara serentak di tahun 2015. Secara wilayah, Kabupaten Sumenep terbagi dalam dua wilayah, yakni wilayah kepulauan yang terdiri sebanyak 8 Kecamatan dan wilayah daratan yang terdiri dari 19 Kecamatan.
Dikatakan, untuk Brimob akan dikirim untuk mengawal di Pulau Kangean dan Pulau Raas, sedangkan sebanyak 196 anggota Polres Sumenep dikirim ke Pulau Sapeken, Pulau Raas, Pulau Sepudi. Sedangkan 100 anggota Polres lainnya distandbykan di Pulau Talango.
Perwira dengan pangkat dua melati di pundaknya itu mengatakan, saat menjalankan tugasnya, ratusan persobel itu menyebar disemua tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan bertugas untuk menjaga situasi pelaksanaan Pilkada juga bertugas sebagai pengamanan dalam pengiriman kotak suara ke masing-masing TPS.
Lebih lanjut Mantan Kapolsek Manding itu mengatakan, saat bertugas sebagian anggota diengkapi dengan sejumlah perlengkapan persenjataan. Sebab, untuk daerah kepulauan termasuk wilayah yang rentan terjadinya tindak pidana.
"Kami tidak ingin pelaksanaan Pilkada saat ini terganggu. Kami ingin pelaksanaan Pilkada berlangsung dengan aman, tertib, dan damai," tegasnya.
Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, pilkada serentak pada tahun ini termasukPilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember.
Pilkada di Sumenep diikuti dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, yakni A Busyro Karim-Ahmad Fauzi, nomor urut satu (1), diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan dan NasDem, sedangkan pasangan Zainal Abidin-Dewi Khalifah, nomor urut dua (2) diusung 8 parpol yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB. (TM)

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply