Editor's Vids

Potret pesona alam Api Tak Kunjung Padam

Tuhan selalu memiliki kuasa dalam mengatur ciptaannya seindah mungkin. Dan kepulauan yang memiliki keunikan alam yang indah juga tak lepas dari kuasa-Nya.Tugu Arel Lancor Pamekasan Salah satunya adalah kepulauan Madura. Pulau ini tidak hanya memiliki kekayaan akan budaya dan kesenian madura, namun juga kaya akan wisata alamnya yang indah dan unik yang tentu saja sangat menarik. Di Pulau Madura, tepatnya di desa Larang, Pamekasan Madura – Jawa Timur terdapat wahana pariwisata yang dikenal dengan nama “Api Tak Kunjung Padam”, yang sebagian orang menyebutnya sebagai Api Abadi. Bagi masyarakat madura, salah satu objek wisata pulau madura ini sudah tidak asing lagi bahkan bagi masyarakat yang berada diluar pulau madura. Api tak kunjung padam, atau yang dikenal juga dengan sebutan api abadi ini adalah salah satu obyek wisata alam yang sangat terkenal di madura, bahkan sampai mejadi ikon tersendiri bagi kota pamekasan.
Api tak kunjung padam merupakan objek wisata tertua di pamekasan,Api Tak Kunjung Padam di pamekasan Madura akan tetapi terdapat kondisi infrastruktur menuju objek wisata tersebut cukup memprihatinkan dan masih belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Padahal para pengujung semakin ramai tentu saja mereka merasa risih dengan kondisi sekitar yang masih tidak enak dipandang mata, bahkan menyulitkan mereka untuk segera memasuki kawasan api tak kunjung padam. Dan lebih miris lagi kondisi tersebut merupakan citra suatu bangsa yang tidak bisa menjaga kelestarian alamnya. Walaupun demikian, semakin hari pengunjung semakin tertarik untuk melihat dan menikmati api tak kunjung padam yang sangat fenomenal ini.
Bagi orang yang belum pernah berkunjung, nama wisata ini mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal, karena secara logika api yang jika diguyur hujan atau air apapun pasti akan padam. Berbeda dengan Api tak kunjung padam yang memang tidak pernah padam ini. Saat turun hujan, titik-titik api masih tetap menyala. Api ini berasal dari tanah. Api tak kunjung padam ini di kelilingi dengan pagar-pagar bambu yang tidak begitu tinggi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan nama wisata api tak kunjung padam ini memiliki sejarah tersendiri.
Asal muasal nama Api Tak Kunjung Padam (cerita rakyat)
Konon, ada seorang pemuda bernama hadaqi, ia pintar dalam ilmu agama islamnya. Yang kemudian ia mendapat julukan Ki Moko. Saat beliau ingin mempersunting gadis palembang dengan maskawin mata ikan yang kemudian berubah menjadi mutiara, Ki Moko menancapkan pedangnya ketanah sehingga muncullah api tak kunjung padam atau api abadi ini, hal ini dilakukan karena pada saat pernikahannya dengan seorang putri Palembang tersebut hari sudah sangat gelap. Munculnya api dari bekas tancapan tongkat tersebut menjadi titik-titik api yang kini masih terus menyala. Ki Moko dikenal sebagai seorang laki-laki yang sangat pandai, Bahkan Ki Moko adalah termasuk pemuda yang ikut andil dalam menyebarkan Agama Islam di Desa tersebut, yang sekarang sudah menjadi pusat perhatian masayarakat sekitar dengan adanya objek wisata yang menakjubkan. Api abadi di maduraDisekitar api tak kunjung padam ini pula terdapat area perkemahan atau disebut juga camping ground dan sarana outbond lainnya. Berbagai rombongan anak-anak sekolah tentu sangat tertarik dengan fasilitas seadanya tapi menarik, dengan berkumpul bersama teman dan guru sambil menikmati hangatnya jagung bakar, ayam bakar dan lainnya dari perapian api tak kunjung padam ini, bahkan mereka tidak perlu bersusah payah membuat api unggun lagi. Disana kita bisa menikmati makanan khas madura selain suguhan perapian yang unik, dan berbagai cinderamata yang bisa kita bawa pulang sebagai oleh-oleh khas pulau madura melengkapi koleksi cinderamata atau oleh oleh khas Jawa Timur lain yang mungkin sudah anda miliki.
Jadi, para wisatawan yang berkunjung lebih mengutamakan ketertarikannya terhadap keunikan api tak kunjung padam yang terletak di Kabupaten Pamekasan ini dari pada melihat kondisi agak memprihatinkan yang terdapat disekitarnya. Yaa, mengobati rasa penasaran terhadap objek wisata pulau madura ini sambil mempererat keharmonisan dengan serunya liburan bersama keluarga, saudara atau sahabat. Selamat berlibur dan berkunjung.

Sumber : http://tempat-wisata.surabayakota.com/api-tak-kunjung-padam-wisata-pulau-madura.html/attachment/api-abadi-di-madura

Related News

1 komentar:

  1. saya rekomendasikan kalo ke Obyek Wisata Api Tak Kunjung di Pamekasan agar datang di malam hari karna apinya lebih terlihat dan bisa bakar jagung..

    BalasHapus